Kamis, 24 September 2009

Symbol Plastik



Ternyata symbol pada kemasan yang terbuat dari plastik menpunyai makna lo, itu tu yang lambing segitiga trus didalam segitiga tersebut ada angkanya, biasanya angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. Nah, angka tersebut ternyata memiliki makna aman atau tidak amannya botol tersebut. Klo ga’ aman kok dijadiin kemasan’, pasti anda berpikiran begitu. Maksudnya bukan begitu, botol yang dipakai buat kemasan tersebut hanya boleh digunakan untuk sekali itu saja, jadi tidak boleh digunakan untuk berulang kali alias diisi ulang. Menurut ahlinya plastik tersebut bisa mempengaruhi hormon pada manusia. Menurut sebuah organisasi di amerika plastik tidak aman dijadikan kemasan. Tapi yang pasti symbol atau kode yang paling aman adalah symbol yang berangka 4 dan 5 yang paling aman dari symbol yang lainnya, atau biasanya symbol ini didampingi oleh symbol gelas dan sendok.



Kenapa plastik demikian ?
Dilaporkan oleh REUTERS HEALTH, bahwa suatu penyelidikan yang dilakukan terhadap binatang ( tikus ) menunjukkan bahwa bisphenol A ( BPA) yaitu bahan kimia yang banyak terkandung dalam produk-produk rumah tangga yang terbuat dari plastic termasuk didalamnya botol susu bayi, bisa meningkatkan resiko kanker prostate dan kanker payudara. Ini dilihat akibat yang ditunjukkan oleh tikus yang setelah terpapar oleh BPA pertumbuhan pada jaringan prostate dan payudaranya menjadi tidak normal. BPA juga diduga memberi sumbangan dalam mencapai pubertas pada usia dini bagi anak perempuan dan laki-laki. Hormone banyak berperan dalam isu kesehatan ini. BPA diduga memberi efek pada perubahan level hormone dan jaringan sensitive pada hormone, misalnya jaringan payudara dan prostate.
Tetapi The U.S Food and Drug Administration ( FDA ) juga ahli-ahli kesehatan dan kimia berpendapat bahwa BPA aman dan dapat digunakan pada produk-produk plastic rumah tangga.Karena penyelidikan ini baru dilakukan pada tikus bukan manusia. Meskipun begitu, penelitian terhadap binatang memberi suatu petunjuk pada kita bahwa bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari memberi efek pada kesehatan manusia. Saat ini ilmuwan dan pembuat kebijaksanaan harus mulai memikirkan apakah BPA harus dibatasi penggunaannya atau dilarang sama sekali dalam produk plastic.
Cukup banyak bahan-bahan kimia yang mempunyai efek negative pada manusia. Mungkin sepanjang hidupnya manusia sudah terpapar oleh bahan kimia, dimulai dari masa kanak-kanak (atau mungkin malahan ketika masih berupa janin). Termasuk diantaranya BPA. Konsentrasi kita adalah masa bayi dan kanak-kanak sudah terpapar oleh BPA padahal pada masa itu organ-organ mereka belum terbentuk secara sempurna bisa jadi pada saat itu juga mulai terbentuk bakal kanker ataupun problem-problem kesehatan lain pada saat dewasa nanti.
Sangat sukar menghindari BPA. Bahan kimia ini ditemukan pada polycarbonate (PC) botol plastic, botol bayi, dll. PC plastic adalah salah satu jenis plastic. Beberapa produk plastic ditandai dengan suatu angka didalam suatu segi tiga kecil yang mengindikasikan jenis plastic yang digunakan untuk membuat barang tersebut. Simbol itu biasanya ada didasar barang. PC plastic yang terbuat dari BPA biasanya mempunyai angka 7 didalam segitiganya.
Saat ini sudah banyak perusahaan yang menghindari BPA pada produknya. Apabila kita concern dan ingin menghindari BPA pada alat rumah tangga kita, cara yang bisa ditempuh, selain memeriksa dasar botol atau peralatan plastic lain, juga bisa membuka website dari perusahaan itu. Seharusnya botol air mineralpun tidak boleh menggunakan bahan dari BPA.

sumber : http://william.myladokutu.org

0 komentar: