Kamis, 17 September 2009

Di Buang Sayang

Pasti anda sering menikmati segar dan manis nya buah-buahan kan? Berapa banyak konsumsi buah-buahan Anda setiap harinya? Buah sangat baik untuk konsumsi serat yang berguna bagi pencernaan tubuh, membantu organ pencernaan dalam mengolah makanan yang masuk kedalam lambung.
Pernahkah terbayang oleh Anda, Bagaimana buah-buahan itu di hasilkan?
Buah-buahan itu di hasilkan oleh pohon buah yang tumbuh karena kembang biak alami maupun bantuan manusia, salah satu yang alami adalah melalui Biji buah yang dihasilkan oleh buah itu sendiri. Secara alami pohon buah itu mulai berbuah dari bakal buah hingga menjadi buah yang besar ranum matang dan jatuh bila sudah semakin masak. Begitu buah jatuh ke tanah, buah  melanjutkan proses tumbuh kembangnya menjadi busuk dan berproses mensupport Biji buah untuk menjadi bakal pohon buah seperti Induknya.
Bagaimana bila kita ikut berpartisipasi dalam pertumbuhan pohon buah utk melestarikan kelangsungan spesies pohon buah tersebut.
Bila anda mengkonsumsi Buah, jangan di buang Biji buah tersebut. Tapi sisihkan dalam tempat tersendiri, bila Anda sudah selesai mengkonsumsi buahnya Anda bisa melanjutkan dengan menanam Biji buahnya ke dalam POT. tidak usah yang bagus dan permanent bisa di dalam wadah apa saja, Kaleng biskut, botol air mineral 1 liter yang telah di potong dua hingga mirip seperti gelas,maupun segala macam wadah yang memugkinkan untuk menampung tanah sebagai media tanam Biji buah tadi.
Sering sering lah menyiram Biji yang Anda tanam  dengan air secara rutin tanpa harus ada perawatan khusus ( lebih bagus jika di tambah pupuk ) tunggu hingga waktu yang tidak terlalu lama Anda akan melihat tunas baru muncul. Teruslah aktifitas menyiram dengan jumlah yang secukupnya..
Jika anda berminat untuk lebih serius , bisa Anda lanjutkan dengan pemupukan , baik itu pupuk cair maupun pupuk padat yang bisa Anda dapatkan di toko toko menjual pupuk atau bisa di Nursery.
Tunas pohon tadi akan terus berkembang menjadi pohon  Buah di halaman Anda sekarang. jumlahnya akan banyak sekali, mulailah anda sortir dan pilih atau tentukan hendak Anda apakan Pohon Buah tersebut. Akan Anda terus tanam di halaman rumah Anda atau Anda berikan kepada teman , Tetangga, atau keluarga di tempat yang lain. Atau mungkin bila jumlah nya banyak sekali Anda bisa memulai Usaha penjualan Pohon Buah.
Bisa anda bayangkan contoh Buah Jeruk. Dalam satu buah Jeruk ada terdapat minimal 5 Biji Buah Jeruk, dan Minimal kita membeli 1 kilo Buah Jeruk dengan jumlah kira-kira 10 buah. Bayangkan jika Biji  Buah jeruk tersebut anda tanam sebanyak 50 Biji dan semua nya Tumbuh berarti Anda memiliki Pohon Buah Jeruk sebanyak 50 batang Pohon.
Dan bayangkan pula seberapa sering kita mengkonsumsi Buah dan sebanyak itulah pohon Buah yang akan kita miliki, Jika kita berniat menjualnya berapa banyak pemasukan kita dari penjualan semua Pohon Buah yang kita dapat kan tanpa membeli .
Sungguh banyak manfaat bila kita cermati hidup ini dengan pola hidup sehat dan bersih + Rajin.
Banyak hal yang Di Buang Sayang ! akan menjadikan Anda bahagia.

0 komentar: